TIPE SOAL RBB TBI (TES BAHASA INGGRIS) BUMN JULI 2023: APA SAJA SIH YANG PERLU DIPERSIAPKAN?

Katanya Soal RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN Juli 2023 Susah Banget? Bener Gak Sih? Terus Tipe Soalnya Apa? Ada Gak Sih Kecurangan-Kecurangan Gitu?

RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN Juli 2023

    Hai sobat aku lagi-lagi kembali. Ini tentang tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 yang baru saja aku ikuti jam 9.00 WIB tadi, yah aku emang tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 di hari terakhir yaitu 18 Juli 2023. Tau gak hasinya apa? Hiyaaaaak aku gagal wkwkwkwk (yah ini artinya bahasa inggrisku masih sangat amat zonk, tapi gak mengapa yah kan namanya juga masih belajar hingga sekarang). Oiya berapakah skorku: eing ing eng, aku dapat 356 jauh yah bung beda 100 buat lolos.

   Oiya FYI aja, soal tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 ada 2 tipe. Tipe pertama yaitu Grammar Section atau Structure and Written Expression yang bertujuan untuk menguji sejauh mana kamu mampu memahami grammar. Tes ini juga menguji kemampuan kita untuk memahami kesalahan penggunaan grammar. Untuk aman agar lolos Passing Grade RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 kamu butuh masing-masing 106 poin. Structure and Written Expression terbagi menjadi dua tipe lagi:

  • Sentence Completion. Nah pada bagian ini ada 20 soal yang masing-masing terdiri dari 1 buah kalimat dengan frasa atau klausa yang dihilangkan. Nah disini, kita diminta untuk memilih salah satu pilihan jawaban paling benar secara grammar dari 4 pilihan yang disediakan. Waktunya cuma 15 menit. Kesulitan untuk RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 adalah kalimatnya yang kompleks dan terdiri dari 2 sampai 3 baris. Yash bahasanya ilmiah alias tingkat advanced gitu. Kalo dari seingetku sih soal-soal macam reducing, if conditional type 3, invers dengan "had" itu keluar loh, sisanya yah melengkapi dengan frasa gitu. Ini cukup tricky banget sih karena yah menurutku jawabannya ga sekedar kamu tau pola tata bahasa tapi perlu juga tau arti konteks kalimatnya. Nih contoh soalnya:
Sentence Completion dalam tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023
Contoh soal Sentence Completion
  • Error Identification/RecognitionPada bagian ini, terdapat 20 soal yang masing-masing kalimat terdapat kata atau kelompok kata yang ditandai dengan (a), (b), (c), dan (d). Kita diminta untuk mengidentifikasi bagian mana yang salah secara grammar. Kesulitan untuk RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 masih sama yah wkwkwk. Tapi tadi menurutku ini yang paling mudah dari tipe soal lainnya. Beberapa yang masih kuingat adalah misalnya dari verb singular/plural yang menggunakan most, fewer any, terus juga penggunaan passive voice, gerund, to infinitive, pronoun yang menunjukkan kepemilikan, kata others, another, the other. Nih contoh soalnya:
Error Identification/Recognition dalam tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023
Contoh soal Error Identification/Recognition

Tipe kedua tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 adalah Reading Comprehensions yang bertujuan untuk menguji kemampuan kamu dalam memahami berbagai bacaan/teks ilmiah. Teks RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 ini 1 hari 1 teks yang sama. Nah teksnya untuk masing-masing hari seperti berikut:

  1. Teks RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 day 1: Sally Ride, Romanticism, Ivory Woodpecker, Boyana Church, Stained Glass.
  2. Teks RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 day 2: Pauling, Manatees, Bering Sea, Indian Alaska Health Practices, Women’s Right Movement.

  3. Teks RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 day 3: Tumbleweed, Ocelot, American Food, Gothic, Folk Music.

Reading Comprehensions dalam tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023
Teks dalam soal Reading Comprehensions dalam Tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023

Untuk aman agar lolos Passing Grade kamu butuh masing-masing 238 poin. Nah ini yang dikeluh-keluhkan oleh para peserta tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023. Mereka mengaku batch 4 ini lebih sulit ketimbang sebelumnya. Maklum aja bahasanya ilmiah banget dan teksnya sangat amat panjang (tapi tak sepanjang kisah cintaku wkwkwk). Untuk tipe ini ada 45 soal dengan masing-masing 9 soal yang jawabannya dirujuk dari masing-masing 5 bacaan (teks). Teks ini berisi sekitar 5 sampai 8 paragraf dengan panjang baris masing-masing bacaan yang bisa mencapai 75 lebih. Yah gimana ga tekor yah, sulit loh scrolling-scrollingnya wkwkwk. Oiya waktu pengerjaan 50 menit. Isi pertanyaannya cukup umum seperti:

  • Apa main ideanya, topic atau judul yang sesuai untuk teksnya? Untuk hal ini paling umum ditemui di pertanyaan paling pertama setelah teks baru. Oiya tingkat kesulitan sih ga begitu sulit. Cukup baca sekilas pasti dapat. Jumlah tipe ini sekitar 1 sampai 5 soal di tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023.
  • Apa pernyataan yang benar dan salah berdasarkan teksnya? Nah ini cukup sulit sih karena teksnya kan panjang. Kalo udah dibaca teksnya secara full di awal sih agaknya tetep sulit, karena sangking panjangnya teks bikin jadi lupa lagi isinya. Jumlah tipe ini biasanya 6 sampai 8 soal sih di tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023.
  • Kesimpulan apa yang dapat ditarik berdasarkan teksnya? Nah ini cukup sulit sih yah. Kesulitannya sama kayak tipe pertanyaan sebelumnya. Nah untuk yang ini jumlah biasanya 1 sampai 2 soal di tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023.
  • Apa persamaan (sinonim) atau similar with dari kata yang dibold? Nah ini juga part tersulit karena banyak bahasa yang ilmiah atau advanced gitu. Jumlah tipe ini biasanya 2 soal tiap teksnya jadi total 10 soal di tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023. Vocabnyaopulence, resplendence, impeded, inane, fescos, plumage, caparison, romanticism, pious, profane, juvenile, jeopardy, pauling, ailment, consummate, arduous, mausoleum, brittle, stoical, inhibit, impel, impede, indomitable, accolade, averse.
Vocab di tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023
Vocab di tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023
  • Pronoun di dalam teks merujuk (refers to) pada noun apa? Nah ini agaknya mudah biasanya kayak "it atau they" merujuk kemana, yah kemana lagi kalo ga lihat kalimat sebelumnya atau 2 kalimat sebelumnya kanJumlah tipe ini biasanya 2 soal tiap teksnya jadi total 10 soal di tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023.
  • Bagaimana sudut pandang penulisnya? Apakah sebagai informasi? Apakah sebagai imbauan dsb. Nah kalo ini sih agaknya gampang tinggal baca paragraf bawah-bawahnya wkwkwk. Jumlah tipe ini sekitar 1 sampai 2 soal di tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023.
  • Pada kalimat urutan berapa hingga ke berapakah si artikel menjelaskan tentang fungsi dari si subjek? Untuk yang ini gampang yah teman karena di pilihan sudah dikasih rentangnya dan kalian cukup cocokkan saja. Jumlah tipe ini sekitar 4 sampai 5 soal di tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023.
  • Pada konteks keilmuan atau literatur manakah teks ini biasanya disajikan atau dibaca? Misalnya kemarin ada teks tentang American Food, kira-kira itu ditemukan di literatur apa? Apakah American history? Apakah restaurant menu? Scientific discovery? atau apa? Jumlah tipe ini sekitar 1 sampai 3 soal di tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023.
Reading Comprehensions dalam tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023
Contoh soal Reading Comprehensions

Kalo kalian mau belajar mengenai tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 kalian bisa ke channel youtube ini yah:


    Oiya pelaksanaan tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 sama aja kayak yang RBB TKD dan CORE VALUES AKHLAK BUMN 2023 kemarin. Kalo mau lihat postinganku bisa klik di sini TIPE SOAL RBB TKD dan CORE VALUES AKHLAK BUMN JUNI 2023: APA SAJA SIH YANG PERLU DIPERSIAPKAN?.
FAQ RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023
FAQ RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023

Peraturannya sama aja, tetep ada trial testnya juga yang sifatnya ga wajib:


Bedanya adalah di tata cara menjawab soal, untuk tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 panduan mengerjakan tesnya adalah sebagai berikut:

  • Tes Bahasa Inggris ini adalah bagian dari Tes Online Tahap 2. Tes ini berisi dua sesi: Sesi Grammar dan Sesi Reading.
  • Perangkat (PC atau Notebook) digunakan untuk Tes Online Tahap 2 harus sama seperti perangkat yang digunakan pada Tes Online Tahap 1. Dimohon untuk mempersiapkan koneksi internet dan pengisi daya yang stabil. Kami menyarankan untuk menggunakan koneksi internet yang sama seperti pada Tes Online Tahap sebelumnya.
  • Untuk kenyamanan Anda selama mengerjakan Tes Online Tahap 2, kami merekomendasikan untuk menggunakan PC atau Notebook dengan sekurangnya memori 1 GB dan versi terkini dari browser Mozilla Firefox atau Google Chrome. Tes Online tidak dapat diakses terkecuali dari dua browser tersebut.
  • Jika Anda menghadapi kendala dalam bentuk halaman yang secara terus-menerus menunjukkan "Preparing questions, please wait" lebih dari 1 menit, maka dimohon untuk meresfresh halaman browser Anda.
  • Setiap pertanyaan harus dijawab sebelum Anda melanjutkan ke pertanyaan berikutnya.
  • HANYA SATU jawaban yang diberikan untuk setiap pertanyaan.
  • Anda mungkin mengalami jeda sementara ketika mengerjakan Online Tes, tetapi waktu pengerjaan tes akan tetap berlanjut.
  • Jika Anda tidak yakin dengan jawaban Anda, Anda bisa menebak. Jangan tinggalkan pertanyaan dengan jawaban kosong. Jumlah jawaban yang salah tidak akan dikurangi dari skor tes Anda.
  • Anda dapat kembali ke pertanyaan sebelumnya jika sudah mengklik tombol "NEXT".
  • Klik tombol SUBMIT ALL AND FINISH jika Anda berpikir bahwa Anda sudah menyelesaikan semua item soal.

    Nah untuk ketentuan penilaian tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 kek gini yah. Lebih rumit sih penilaiannya.
Jadwal trial dan tesnya buat RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023
Jadwal trial dan tesnya buat RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023

Jadi, yang udah lolos Passing Grade tetap harus banyak berdoa sebab sama kayak tes RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 sebelumnya, nilai yang muncul tidak langsung diperingkatkan jadi harus menunggu pengumuman di tanggal 4 Agustus. Nah juga ada ketentuan dimana nilai akhir akan diakumulasikan dengan nilai tes RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 dan akan diranking sesuai kebutuhan posisi ditambah lagi dengan adanya proses validasi dokumen dari pihak HC BUMN dan proctoring dari pihak FHCI. Nah yang validasi ini seperti seleksi berkas tetapi pihak HC BUMN lah yang menyeleksi bukan panitia FHCI BUMN lagi seperti pada tahap awal dan proctoring ini seperti mengecek apakah pengerjaan tes sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Kalo tidak sesuai maka, yah tidak lolos seperti pada pengumuman tahap sebelumnya dengan bunyi "alasan teknis yang tidak sesuai dengan ketentuan program RBB BUMN 2023".

    Sebenernya aku dari awal agak skeptis sama kemampuan diri sendiri soalnya susah banyak yang menyebutkan bahwa soal tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 ini susahnya minta ampun. Yah wajar juga sih piramida terbalik alias mencari terbaik harus dikasih soal sulit, juga karena yang lolos tahap sebelumnya ini banyak persentasenya alias >20%. Ini tercurahkan oleh para peserta di Twitter, sampai-sampai jadi trending No. 1 sampai hari ini. Nih buktinya:
Tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 jadi trending dengan #TBI BUMN di Twitter
Tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 jadi trending dengan #TBI BUMN di Twitter

Kalian juga harus lihat bagaimana keluh kesah para peserta tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 yang berseliweran meramaikan hashtag ini. Asli, gara-gara ini aku jadi antara gelisah bakal lolos atau ga sama ngakak karena twit-twit mereka yang lucu-lucu.

keluh kesah para peserta tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 yang berseliweran di Twitter
Keluh kesah para peserta tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 yang berseliweran di Twitter
Nih kalo kata anak-anak IG wkwkwk.

keluh kesah para peserta tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 yang berseliweran di Instagram
Keluh kesah para peserta tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 yang berseliweran di Instagram

dan ini adalah cuitan-cuitan para peserta hari pertama yang gagal Passing Grade. Well, sebenernya sama aja sih hari kedua dan ketiga juga banyak yang bercuit hal yang sama, wkwkwk.


Oiya ada kejadian lucu juga loh, kloter pertama yakni tanggal 16 Juli ini ketika kelar tes yang keluar malah nilai akhlaknya. Yah sistemnya emang lagi ngebug, alhasil pada komen lucu-lucu kek gini juga:

Nah untuk permasalahan ini ternyata udah diselesain sama pihak FHCI BUMN-nya yah guys wkwkwk, alhasil netizen ga jadi ngamuk-ngamuk wkwkwk. 

Ga hanya itu yah guys, keresahan para peserta tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 ini juga jadi headline sejumlah portal berita dengan judul yang ga kalah bikin ngakak:

keluh kesah para peserta tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 yang berseliweran di Portal Berita Online
Keluh kesah para peserta tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 yang berseliweran di Portal Berita Online

Nih juga salah satu reaksi peserta tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 yang puyeng wkwkwk, mewakili sekali dari kita-kita yang ngerjain soalnya yah wkwkwkwk.
@kumparan Lulus tes kemampuan dasar✅ Lulus tes akhlak✅ Lulus tes Bahasa Inggris❌ Sesusah itu kah buat lulus tes Bahasa Inggris untuk masuk BUMN? Simak selengkapnya di Focus kumparan atau klik kum.pr/focuskumparan #focus #tesbumn #bisnis #svl #bumn #tesakhlak #badanusahamiliknegara #tiktokberita #kumparan ♬ original sound - kumparan
Nah ini tanggapan Menteri BUMN kita tercinta:
@kumparan

Warganet mengeluhkan sulitnya mengerjakan Tes Bahasa Inggris (TBI) yang menjadi tes tahap kedua dari rangkaian Rekrutmen Bersama BUMN 2023. Akun Twitter @/ciqalbakal mengaku tidak pernah menemukan struktur tes tersebut dalam jurnal akademik. Selain itu, akun @/sweetmedicinee juga menuliskan ia tidak pernah merasa sesusah itu mengerjakan tes Bahasa Inggris sebelumnya. Merespons susahnya TBI tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir akan meninjau lagi keluhan susahnya tes yang dikerjakan. Meski begitu, ia sempat bercanda bakal mempersulit tes dengan menambahkan Bahasa China, Jepang, dan Arab. #focus #tesbumn #news #videonews #erickthohir #bumn #badanusahamiliknegara #tesbahasainggis #bahasainggris #tesakhlak #lolosbumn #lowongankerja

♬ suara asli - kumparan

Sementara ini dari mereka yang lolos Passing Grade hari pertama. Gileee gileee keren sih.


Nah dihari-hari berikutnya sama saja seperti pada tes RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 yang lolos PG makin tinggi nilainya. Beberapa yang dapat skor di atas 600.

Nah ini ada tips dari mereka yang lolos PG RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023. Kalian bisa baca threadnya yah.

Oiya guys ada lagi nih selain keanehan sistem yang ngebug di tanggal 16 kemarin, ternyata peserta yang tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023 kloter kedua mengalami perubahan skor menjadi 105 

dan kemudian kembali ke skor awal dan perubahan skor dengan penambahan skor +10 atau penurunan skor -5. Aneh gak sih, entahlah coba deh yah pihak FHCI dicross check ulang sistemnya hehehe. Soalnya kasian yang nilainya diambang batas gitu kek di-PHPin wkwkwk.

Oke cukup dengan pembahasan di atas. Kita beralih pada yah joki-joki tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023. Aku mau sepal sepil ini karena geram kali berseliweran di Twitter dan Telegram. Nah kasus yang pertama, jika kalian mencari dengan keyword "joki tbi bumn" kalian akan menemukan puluhan postingan dari mungkin sekitar 5 akun joki yang menawarkan dan memberikan testimoni bahwa orang yang memesan jasanya lolos dengan nilai yang tinggi-tinggi, dan yah aku melihat mostly dapat di atas skor 500. Gile gak tuh?

Kecurangan/joki pada di tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023
Kecurangan/joki pada di tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023

Kecurangan/joki pada di tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023
Kecurangan/joki pada di tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023

Nah akun-akun ini mungkin menerima total lebih dari 50 clients. Kalo mau usaha gini sih aku ga begitu perduli, cuma yah gimana yah aku kasian sama temen-temen yang jujur sih. Apalagi kalo mereka nilainya di bawah orang-orang ini dan akhirnya tersingkir di perankingan. Tapi tetap yah guys kalo mereka pasti agak kelabakan kalo ketemu TKB bahasa inggris sama wawancara full bahasa inggris. Kasus kedua adalah kecurangan dengan menyebarkan soal ke beberapa grup Telegram, dan ini langsung ditanggapi oleh pihak FHCI. Tiati yah guys ketika kalian menyebarkan soal tiap soal yang kalian itu punya kode angka khusus sebagai watermark nya itu merujuk ke kode peserta kalian dan yah mudah banget buat ngelacak wkwkwk.

Tanggapan FHCI terhadap kecurangan/joki pada di tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023
Tanggapan FHCI terhadap kecurangan/joki pada di tes RBB TBI (Tes Bahasa Inggris) BUMN 2023

Kasus ketiga adalah ada di Tiktok, di mana peserta menggunakan Chat GPT/AI untuk menjawab soalnya.


Dahlah itu yah guys kecurangan-kecurangannya, lagi-lagi aku cuma bisa kok yah aneh-aneh ajaa wkwkwk.

Akhir kata lagi ingat quotes:


Jadi, kalo kamu sudah berusaha tapi belum berhasil yah gapapa coba lagi aja!! Yang penting kamu membuktikan dirimu berintegritas, rejeki itu ga tertukar karena takdir sudah digariskan💪💪💪💪❤.

Oiya ini based on yang aku cari dan alami sendiri. Kenapa aku share yah aku mau berbagi sedikit supaya kalian bisa lancar pas ngerjainnya adapun kekurangan atau misinformasi dari yang aku sampaikan mohon maaf dan bisa koreksi di kolom komentar. Aku catut beberapa akun adalah murni sharing informasi. Jika ada yang mau nambahin dan sharing bisa banget untuk komen. 

0 Komentar