TIPE SOAL RBB TKD dan CORE VALUES AKHLAK BUMN JUNI 2023: APA SAJA SIH YANG PERLU DIPERSIAPKAN?

Katanya Soal RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN Juni 2023 Susah? Bener Gak Sih? Terus Tipe Soalnya Apa? Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan? Ada Gak Sih Kecurangan-Kecurangan Gitu?

RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN Juni 2023

    Hai sobat i'm back. Setelah sekian lama tidak kembali ke blog usang ini. Aku akan menulis lagi. Ini tentang tes RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 yang baru saja aku ikuti ketika tengah demam dan radang tenggorokan wkwkwk. 

Saat mengerjakan soal TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 aku sempat blank di awal (ngerjain survey cuma 4 biji dari 19) yah anjlok sih dan alhasil jawabannya kosong beberapa (yah sayang sekali mungkin agak grogi di awal karena dapat waktu awal-awal dan hari pertama alias tanggal 12 Juni kloter jam 14.30) tapi aku langsung putar otak dan adaptasi cepat tentang cara pengerjaannya agar semua soal bisa terjawab tapi ga boleh asal alias harus dikerjakan seksama. Akhirnya nilai langsung keluar dan sempat shocked antara bersyukur bisa lulus Passing Grade meskipun dengan nilai yang ga tinggi 64 untuk TKD BUMN 2023 yang harusnya sih bisa tembus mungkin 80 karena kebodohan di awal. Yah gimana kan karena harus berpacu dengan (mas Deddy loh hehe TNS lovers😂 tapi sedih mereka mau bubar ya ga seh😖) waktu yang bisa dibilang cukup minim 15 sampai 64 detik per soalnya. Tapi tetep yah nilai segitu ga bisa dibilang jelek juga ga bisa dibilang bagus juga soalnya ga ada yang tau juga berapa nilai maksimal RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 (ini adalah hasil berselancar di mana-mana alias google, quora, instagram, twitter, IG, dsb, maklum jiwa detektifnya tinggi). Nilai yang muncul juga tidak langsung diperingkatkan jadi harus menunggu pengumuman di tanggal 3 Juli. 

Tampilan nilai RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023
Tampilan nilai RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023.

Alhasil kekepoanku muncul, berapakah nilai orang-orang yang baru kelar TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 ini? Aku memutuskan untuk berselancar di Twitter dengan keyword "TKD BUMN" (karena itulah sumber informasi tercepat xixixi😋), dan aku menemukan beberapa postingan ini yang akhirnya membuatku sedikit bersyukur.


Kemudian ini hasil dari berselancar via Instagram, testimoni para peserta tes RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 yang lucu-lucu abis:
Keluhan para peserta terkait berbagai kendala dan kesulitan RBB TKD dan Core Values BUMN 2023 di IG @fhci.bumn.
Keluhan para peserta terkait berbagai kendala dan kesulitan RBB TKD dan Core Values BUMN 2023 di IG @fhci.bumn.
Beberapa juga sempat menanyakan bagi yang tidak lolos Passing Grade kira-kira ada harapan atau enggak yah atau bagaimana jika nilai TKD BUMN 2023 kurang? Nah aku menemukan artikel ini:

Jadi yah bagi yang tidak lolos Passing Grade atau nilai TKD BUMN 2023 kurang, mereka diyatakan tidak lolos/gugur dan bagi yang sudah lolos Passing Grade, bakal diranking. Oiya, aku tadi dapat komentar dari pengguna tiktok bahwa kuota yang diambil rankingnya untuk TKD dan Core Values BUMN 2023 itu sekitar 20% dari jumlah kuota pendaftar, (bagianku 20 ribu, berarti cuma 4ribu). Nah soal kevalidan pernyataan ini perlu aku cari tau dulu.
Pengakuan salah satu peserta batch 2: Kuota yang diambil rankingnya untuk RBB TKD dan Core Values BUMN 2023 sekitar 20% dari jumlah kuota pendaftar.
Pengakuan salah satu peserta batch 2: Kuota yang diambil rankingnya untuk RBB TKD dan Core Values BUMN 2023 sekitar 20% dari jumlah kuota pendaftar.
Nah untuk Passing Grade dan Persentase nilai TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 ini yah guys:
Passing grade dan persentase nilai TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023.
Passing grade dan persentase nilai TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023.

Tapi yang bikin mengkhawatirkan juga adalah banyak pula yang lolos Passing Grade dengan nilai yang jauh lebih besar, (hehe kompetitif dikit boleh dong yang kan 😆) seperti ini:

Apalagi makin hari terpantau nilai RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 pesertanya makin tinggi dan terakhir ini aja ada yang dapat 98 untuk nilai TKDnya, yah mungkin juga sudah dapat kisi-kisi tipe soal dari peserta sebelumnya jadi lebih prepared. (Inget yah kisi-kisi tipe soal, aku ga bilang soalnya!!!!!!!!!!!! Entar disangka aku nuduh lagi).

    Sebenernya menurutku soal RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 dari rentang 1-10 yah diangka 7,5 intinya sih di manajemen waktu, bukan tipikal yang sulit banget sebab aku ngerasa pasti kalo ga sempet blank di awal nilaiku bisa di atas yang aku dapatin. Jangan terpaku di satu soal, kalo belum bisa langsung skip aja ke soal yang lain. Soalnya bisa lompat-lompat ngerjainnya. Ini yang biasanya bikin peserta TKD manapun kehilangan point dan nyesel karena waktu keburu abis. 

FAQ TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023

FAQ TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023

Nah, jadi apa sih yang perlu dipersiapkan buat TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 ini?

  • Pertama, cek email atau akun BUMN kalian secara berkala karena kadang ada pergantian jadwal pelaksanaan tesnya kayak orang di twitter ini:

  • Kedua, pastikan kalian udah dapat jadwal trial dan tesnya buat TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023!

jadwal trial dan testnya buat TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023
Jadwal trial dan tesnya buat TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023.

Jangan ragu untuk klik disini nanti kalo belum waktunya tampilannya bakal begini:

Tampilan apabila jadwal trial dan testnya buat TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 di klik sebelum waktunya.
Tampilan apabila jadwal trial dan tesnya buat TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 di klik sebelum waktunya.
  • Ketiga, usahakan untuk ikut trial tesnya yah biar kendala perangkat atau semacamnya bisa kalian tanggapi atau selesaikan segera (ini kemarin aku ga ikut karena ga ada email masuk dan ngecek inbox akun BUMN sehari sebelum pengumuman lolos berkas ada). Tapi trial test ini sifatnya cuma ujicoba alias ga wajib dan durasi waktunya cuma 2 menit dengan soal-soal yang ga ada sangkut pautnya dengan TKD dan Core Values AKHLAK BUMN alias yah kayak soal pengetahuan umum biasa, kayak: berapakah jumlah provinsi di Indonesia gitu gituu..
trial test ini sifatnya cuma ujicoba alias ga wajib dan durasi waktunya cuma 2 menit dengan soal-soal yang ga ada sangkut pautnya dengan TKD dan Core Values AKHLAK BUMN
  • Sebelum trial test kalian harus baca ketentuan dan download FAQ TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 di point 11 yah dengan klik: FAQ TKD dan AKHLAK BUMN 2023.
FAQ TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023
FAQ TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023.
NB: Oiya baju bebas formal dan boleh kok bawa kertas dan pulpen buat coret-coretan.
Salah satu aturan TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023: Tidak diperbolehkan menggunakan HP dan kalkulator, tetapi diperbolehkan menggunakan kertas kosong dan pulpen untuk coretan.
Salah satu aturan TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023: Tidak diperbolehkan menggunakan HP dan kalkulator, tetapi diperbolehkan menggunakan kertas kosong dan pulpen untuk coretan.
  • Keempat, setelahnya kalian bisa mulai merencanakan mau ngerjain di mana, pastikan tempatnya comfy, cozy, dan tenang karena biar kalian bisa fokus banget dan diperaturan dikasih tau buat set up perangkat 15 menit sebelum jam tesnya (ingat harus entire share screen (bukan windows yah ingaaaaatttt ituuuuu !!!!!!!!!!!!!!!!) dan pakai hanya Google Chrome dan Mozilla Firefox versi terbaru dan kalian kudu buru-buru registrasi wajah sesuai panduan FAQ TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023. 
  • Kelima, jangan sampai telat masuk ke link tesnya bahkan 1 detik pun, soalnya kalau telat kamu gabakal bisa ngerjain dan tampilan kamu bakal begini:
Tampilan apabila jadwal tes TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 terlambat diklik (lewat 1 menit dari waktu yang ditentukan di jadwal (tidak bisa mengerjakan)).
Tampilan apabila jadwal tes TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 terlambat diklik (lewat 1 menit dari waktu yang ditentukan di jadwal (tidak bisa mengerjakan)).
  • Terus kalo waktunya udah berakhir nanti kamu bakal dapatin hasil TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 seperti ini:
Hasil apabila peserta RBB TKD dan Core Values BUMN 2023 terlambat mengikuti tes.
  • Keenam, selanjutnya kalian bakal dikasih petunjuk disetiap tipe soalnya selama 2-3 menitUsahakan baca seluruh petunjuk soal secara cermat yah. Jumlah tipe soal kalo tidak salah untuk TKD BUMN 2023 ada 5 tipe dengan total 119 soal selama 90 menit. Sedangkan AKHLAK BUMN 2023 itu hanya 90 dalam waktu 30 menit. 

Apa saja sih tipe soal RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023?

Karena tipe soalnya sudah banyak yang mention yah jadi aku juga ngasih tau tipenya mirip Batch 2. Ini aku kasih overviewnya ngambil dari youtube Fandi AP. Subscribe gih ini channel manteup dan up to date banget👇👇!!!!!!!!!!
Overview tipe soal TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023.
Overview tipe soal TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023. Credit: Fandi AP.
  • Tipe soal pertama itu survey tentang BUMNnya gitu. Ini soalnya 19 butir tapi yah gitu cuma 5 menit.
  • Tipe soal kedua itu verbal logical reasoning. Tingkat kerumitan: yah lumayan sih, waktu pengerjaannya mepet cuma 18 menit tapi 5 narasi dengan 5-10 point keterangan untuk masing-masing 5 soal dan option jawaban hanya ada 3. Salah 3 narasi soal verbal logical reasoning yang aku samar-samar ingat ketika pengerjaan soal kayaknya sih bunyinya kek gini:
  • Pak Agus ingin membeli sebuah mobil baru. Ia mengajak serta kedua anaknya. Ketika ia sampai di dealer, terdapat dua tipe mobil, yakni mobil: A dan B. Mobil A merupakan mobil keluaran baru. Pak Agus bingung untuk memutuskan mobil manakah yang akan dia beli. Ia ingin memiliki mobil dengan dengan fitur canggih tetapi harganya cukup terjangkau. Ia pun meminta pendapat kedua anaknya.
    • Anak pertama menginginkan Pak Agus untuk membeli mobil tipe A.
    • Pak Agus memiliki budget Rp. 390.000.000
    • Anak kedua menginginkan Pak Agus untuk membeli mobil tipe B.
    • Mobil tipe B lebih murah daripada mobil A.
    • Pak Agus memutuskan untuk mengikuti saran anak pertamanya.
      • 1. Pak Agus memutuskan untuk membeli mobil A.
        • A. Kesimpulan benar 
        • B. Kesimpulan salah
        • C. Tidak dapat disimpulkan
      • 2. Mobil tipe A memiliki harga tidak lebih dari Rp. 390.000.000.
        • A. Kesimpulan benar 
        • B. Kesimpulan salah
        • C. Tidak dapat disimpulkan
      • 3. Anak kedua Pak Agus membeli mobil B.
        • A. Kesimpulan benar 
        • B. Kesimpulan salah
        • C. Tidak dapat disimpulkan
      • 4. Mobil yang dipilih Pak Agus memiliki fitur canggih dengan harga terjangkau.
        • A. Kesimpulan benar 
        • B. Kesimpulan salah
        • C. Tidak dapat disimpulkan
  • Hani (lagi-lagi ga inget ini sape namanya😂) merupakan karyawan di supermarket X. Dahulu Hani bekerja sebagai kasir akan tetapi karena kinerjanya yang baik, ia diangkat menjadi bagian Merchandiser. Oleh karena itu, bagian kasir diserahkan ke Adi. Hani bekerja dengan sistem waktu kerja 2 shift.
    • Hani bekerja 6 jam perhari selama seminggu.
    • Hani selalu libur kerja di hari Selasa.
    • Ketika bekerja dibagian kasir, Hani bekerja di siang hari.
    • Jika karyawan bekerja pada shift malam, maka akan mendapat libur di hari minggu.
    • Adi bekerja di malam hari.
      • 1. Hani sekarang bekerja pada shift siang.
        • A. Kesimpulan benar 
        • B. Kesimpulan salah
        • C. Tidak dapat disimpulkan
      • 2. Hani bekerja selama 42 jam dalam seminggu.
        • A. Kesimpulan benar 
        • B. Kesimpulan salah
        • C. Tidak dapat disimpulkan
      • 3. Adi mendapatkan libur di hari Sabtu.
        • A. Kesimpulan benar 
        • B. Kesimpulan salah
        • C. Tidak dapat disimpulkan
      • 4. Ketika Hani bekerja sebagai kasir, ia selesai bekerja di malam hari.
        • A. Kesimpulan benar 
        • B. Kesimpulan salah
        • C. Tidak dapat disimpulkan
  • Pak Bambang (atau entah yah namanye sape😁) dan keluarga berencana melakukan perjalanan (mudik) dari Jakarta ke Semarang. Ada 2 opsi untuk melakukan perjalanan dengan rute tersebut, yakni dengan menaiki mobil pribadi dan Kereta Api. Jika melakukan perjalan Kereta Api maka perjalanan harus menempuh waktu 6 jam. Pak Bambang melakukan perjalanan dengan 4 anggota keluarga lain dan berangkat pada pagi hari.
    • Perjalanan dengan mobil menempuh waktu 5 jam.
    • Perjalanan dengan kereta api hanya dapat dilakukan pada malam hari pukul 20.00 WIB
    • Perjalanan melalui tol akan menempuh waktu 1 jam lebih cepat.
    • Polisi melakukan perubahan dan pengaturan arus lalu lintas di jalur rawan kemacetan.
    • Mobil Pak Bambang berkapasitas 6 orang.
      • 1. Pak Bambang berangkat dengan kereta api dan sampai pada siang hari.
        • A. Kesimpulan benar 
        • B. Kesimpulan salah
        • C. Tidak dapat disimpulkan
      • 2. Jika Pak Bambang berangkat dengan kereta api, maka Pak Bambang sampai pada pukul 4.00 WIB.
        • A. Kesimpulan benar 
        • B. Kesimpulan salah
        • C. Tidak dapat disimpulkan
      • 3. Pak Bambang memutuskan berangkat dengan kelurganya dengan mobil dan menempuh 4 jam hingga Semarang.
        • A. Kesimpulan benar 
        • B. Kesimpulan salah
        • C. Tidak dapat disimpulkan
  • Seorang arkeolog menemukan artefak di tahun 2021 di sebuah daerah di Indonesia, papan batu tersebut diyakini telah digunakan sebagai papan skor permainan pada masa lampau.
    • Papan batu berisi tulisan penuh.
    • Di dalam papan batu tersebut terdapat gambar seorang laki-laki yang memakai atribut dengan pengikat kepala dan wajah laki-laki.
    • Papan batu diperkirakan telah berada di tempat penemuan sejak tahun 1400.
    • Papan batu ditemukan 2 meter di bawah permukaan tanah.
      • 1. Papan batu yang ditemukan telah berumur 400 tahun.
        • A. Kesimpulan benar 
        • B. Kesimpulan salah
        • C. Tidak dapat disimpulkan
      • 2. Papan batu berisikan penuh tulisan dan gambar dua laki-laki.
        • A. Kesimpulan benar 
        • B. Kesimpulan salah
        • C. Tidak dapat disimpulkan
      • 3. Papan batu ditemukan terkubur dalam tanah.
        • A. Kesimpulan benar 
        • B. Kesimpulan salah
        • C. Tidak dapat disimpulkan
      • 4. Papan batu digunakan untuk alat permainan pada masa lampau.
        • A. Kesimpulan benar 
        • B. Kesimpulan salah
        • C. Tidak dapat disimpulkan
      • 5. Permainan yang dimaksud pada masa lampau hanya dilakukan oleh laki-laki.
        • A. Kesimpulan benar 
        • B. Kesimpulan salah
        • C. Tidak dapat disimpulkan
  • Contoh tipe soal verbal logical reasoning untuk RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 aku ngambil contoh soal dari youtube Fandi AP tipe soalnya begini tapi ini bukan soalnya.
Overview tipe soal: verbal logical reasoning TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023.
Overview tipe soal: verbal logical reasoning TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023.
  • Kalo menurutku sih usahakan baca keseluruhan secara cepat terus nanti untuk soal-soal berikutnya lihat pertanyaannya terlebih dahulu baru cocokin lagi.
  • Tipe soal ketiga adalah word of classification test aka tes mengelompokkan kata. Tingkat kerumitan word of classification test aka tes mengelompokkan kata: gampang kok. Tinggal nyari 1 kata yang definisi atau maknanya beda sendiri. 
  • Salah satu soal word of classification test aka tes mengelompokkan kata yang aku samar-samar ingat ketika pengerjaan soal adalah seperti ini:
    • A. Ember; 
    • B. Paralon; 
    • C. Baterai; 
    • D. Bola; 
    • E. Gelas. 
  • Nah pilihan yang tepat yang mana? Nah kalo akusih D. Bola yah, yang lain umumnya berbentuk silindris/tabung.
  • Tipe soal keempat adalah number of sequence test aka tes deret angka matematika. Tingkat kerumitan number of sequence test aka tes deret angka matematika: nah ini nih agak-agak soalnya ngelibatin pecahan dan variasi soal jadi bukan +3; -4; tapi juga ada :1/3 atau +43. Banyakin latihan di sini yah💪💪. 
  • Contoh tipe soal number of sequence test aka tes deret angka matematika untuk RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 aku ngambil dari youtube Fandi AP tipe soalnya begini tapi ini bukan soalnya.
Overview tipe soal: number of sequence TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023.
Overview tipe soal: number of sequence TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023.
  • Nih komenan orang-orang yang ikut TKD BUMN 2023 di twitter mostly ngeluhin:
  • Tipe soal kelima adalah diagramatic reasoning test aka tes gambar atau spasial. Tingkat kerumitan diagramatic reasoning test aka tes gambar atau spasial: nah ini paling rumit jadi next level ketimbang batch BUMN 2023 sebelumnya karena komponen gambarnya ini banyak jadi ga cuma kotak titik tapi kayak di dalam kotak ada titik segitiga dsb. Yah tapi kalian bisalah yah💪💪.
  • Contoh tipe soal diagramatic reasoning test aka tes gambar atau spasial untuk RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 aku ngambil dari youtube Fandi AP tipe soalnya begini tapi ini bukan soalnya.
Overview tipe soal: diagramatic reasoning TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023.
Overview tipe soal: diagramatic reasoning TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023.
  • Nih komenan orang-orang yang ikut TKD BUMN 2023 di twitter mostly ngeluhin:
      Untuk info atau latihan soal-soal RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 kalian bisa join grup telegram berikut: Rekruitmen BUMN 2023BUMN Belajar BarengLatihan Soal BUMN atau kalian bisa di youtube yang aku mention atau follow tiktok influencer yang bekerja di holding company BUMN yah.

@foimanzega
@berlianaarlisa
@vmuliana
@berlianaarlisa

Atau buka tiktok atau website Jadi BUMN 

@jadibumnofficial
  • Terakhir soal Core Values AKHLAK, nah ini soalnya pasti kalian baca sekilas bisa dan pada dapat tinggi-tinggi terakhir liat tadi ada yang dapat skor 98 ke atas. Sedangkan aku hanya 79 (mungkin inilah teguran agar aku segera bertaubat xixixi😂, tapi mah aku anak baik kok ga macem-macem alias cupu).
  • Contoh tipe soal Core Values AKHLAK BUMN 2023 aku ngambil dari youtube Fandi AP tipe soalnya begini tapi ini bukan soalnya.
Soal Core Values AKHLAK BUMN 2023.
Soal Core Values AKHLAK BUMN 2023.
Nah biar kalian bisa bagi waktu lihat jumlah nomor dibagian atas dan waktu pengerjaannya. Usahakan jawab semua soalnya sebelum waktu habis yah. Jangan kayak aku ngosongin 15 soal dan itu cuma ditipe survey 😞. Akhir kata, ganbatte!! Kalian bisa 👊👊 dan ingat yah layar kalian itu di-share screen dan itu selayar yah jadi toolbar kelihatan 👀 kalo kalian ngelakuin kecurangan bakal kelihatan.
Aturan RBB TKD dan Core Values AKLHAK BUMN 2023 yang tidak memperbolehkan peserta membuka aplikasi dan tab browser lain selain tes.
Aturan RBB TKD dan Core Values AKLHAK BUMN 2023 yang tidak memperbolehkan peserta membuka aplikasi dan tab browser lain selain tes.

Tadi sih ada yang screen shoot semua soal RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 di twitter (tapi yah dia bilang gamau nyebarin) dan ada yang screen shoot satu halaman doang sih malah dibuat konten tiktok gitu 👀 kok ada-ada aja banget yah kan aktivitas layar kerekam semua, ga takut diblacklist. Masalahnya jangan sampai jedag-jedugmu membuatmu sulit😂.

Sanksi keras pihak BUMN kepada pelanggaran RBB TKD dan Core Values AKLHAK BUMN 2023.
Sanksi keras pihak BUMN kepada pelanggaran RBB TKD dan Core Values AKLHAK BUMN 2023.

Belum aja aku posting ini, eh tanggal 13 Juni kemarin sudah menemukan indikasi kecurangan TKD dan Core Values BUMN 2023 dengan sistem perjokian baik yang nawarin di twitter dengan username @sinc*st*nid atau akun tiktok dengan username @b*ng_m*ra23 wkwkwkwk dan ini cukup rame di salah satu akun base besar twitter!!!! Sebagian bilang bahwa "ga mungkin soalnya sama, pasti beda lah sama yang sudah tes," "lahkan pakai sistem kamera dan share screen, gimana ceritanya bisa jokian?" Tapi kata-kata dalam "sama persis" bikin netizen curiga. Beberapa netizen akhirnya datangin akun tersebut, tapi sayangnya akunnya malah private dan ganti username. Beberapa lainnya ngetag akun twitter @fhcibumn. Nah menurut kalian gimana temen-temen????
Indikasi kecurangan pelaksanaan RBB TKD dan Core Values BUMN 2023 dengan sistem perjokian yang diviralkan salah satu akun base twitter @worksfess.
Indikasi kecurangan pelaksanaan RBB TKD dan Core Values BUMN 2023 dengan sistem perjokian yang diviralkan salah satu akun base twitter @worksfess.

 Dan berita ini udah sampai ke tiktok, sebagian warga tiktok juga komen begini.

Pengakuan salah satu peserta RBB TKD dan Core Values BUMN 2023 yang melihat akun joki yang menawarkan jasanya.
Pengakuan salah satu peserta RBB TKD dan Core Values BUMN 2023 melalui komentar tiktok yang melihat beberapa akun joki yang menawarkan jasanya melalui twitter.

Nah sampai juga ke warga IG, sebagian peserta juga ada yang komen seperti ini di akun IG fhci.bumn buat ngelaporin indikasi kecurangan karena merasa ga adil. Tapi sebagian juga bilang kalo soal-soal itu sih cuma sekedar mirip aja tipenya, karena tiap kloter tes pasti punya soal baru. Tapi sekelas BUMN pasti nyediain soal yang ga cuma satu. Tapi juga ada beberapa akun joki yang bilang kalo soal yang mereka tawarkan untuk hari keesokannya bakal mirip 100%. Menurut kalian gimana?

Keluhan beberapa peserta RBB TKD dan Core Values BUMN 2023 melalui komentar IG @fhci.bumn yang melihat beberapa akun joki yang membocorkan soal.
Keluhan beberapa peserta RBB TKD dan Core Values BUMN 2023 melalui komentar IG @fhci.bumn yang melihat beberapa akun joki yang membocorkan soal.

Tapi karena lagi-lagi tingkat keinginan tahuanku yang tinggi. Aku mencoba untuk mencari tahu apakah masih ada sistem perjokian ini? Sebab batch lalu sempat viral akibat kecerdasan warga twitter. Bahkan dimuat dalam satu thread penuh, yang diselidiki bukan hanya satu akun joki tapi beberapa. Nah harusnya kan kapok tuh yah.


Akibat viralnya beberapa thread itu, alhasil BUMN ngegugurin dan blacklist 39 orang. Kalo kalian mau baca lengkapnya tinggal cari dengan keyword "Joki BUMN". 

Aku mencoba untuk mencari tahu apakah masih ada sistem perjokian ini lewat hashtag yang sama dengan twitter, dan yups masih ada dan bahkan nawarin secara terang-teranga di akun base twitter. Nah ini aku nemuin dari twitter:
Salah satu akun twitter yang menjual soal-soal RBB TKD dan Core Values BUMN 2023 berupa rekaman layar para peserta yang telah mengikuti tes BUMN 2023.
Salah satu akun twitter yang menjual soal-soal RBB TKD dan Core Values BUMN 2023 berupa rekaman layar para peserta yang telah mengikuti tes BUMN 2023.
Ini dari IG tapi gatau juga apakah akun ini masih menawarkan jasa atau tidak.
Salah satu akun joki di IG yang menawarkan jasa perjokian tes RBB BUMN dengan jaminan 95% lolos.
Salah satu akun joki di IG yang menawarkan jasa perjokian tes RBB BUMN dengan jaminan 95% lolos.

Yang pasti kalo akun ini masih sih soalnya 6 hari yang lalu kok postingnya. Maaf yah kakak-kakak akun joki, bukan bermaksud mau menghilangkan rejeki orang kok. Yang ngelike 25 orang wkwkwk siapa tuh????
Salah satu akun joki lain di IG yang menawarkan jasa perjokian tes RBB BUMN.
Salah satu akun joki lain di IG yang menawarkan jasa perjokian tes RBB BUMN.

Sistem perjokiannya ternyata kek gini. Mereka punya tim yang ahli di setiap tipe soal. Ini aku SS dari akun IG Joki yang pertama tadi.
Salah satu akun joki di IG yang menawarkan jasa perjokian tes RBB BUMN.
Salah satu akun joki di IG yang menawarkan jasa perjokian tes RBB BUMN.

Apa ga deg-degan yah kalo joki-joki gini? Jadi inget Bad Genius. Apa mereka terinspirasi dari film ini wkwkwk.


Akhirnya sampai ke akun twitter @fhcibumn guys thread twitter yang kemarin.

 

Viralnya menfess di twitter @worksfess sampai kepada akun @fhcibumn dan peringatan pembocoran soal sebagai pelanggaran yang dapat ditindak tegas berupa blacklist.
Viralnya menfess di twitter @worksfess sampai kepada akun @fhcibumn dan peringatan pembocoran soal sebagai pelanggaran yang dapat ditindak tegas berupa blacklist.
Yah semoga saja yang indikasi-indikasi seperti ini bisa diusut tuntas yah. Bagi kalian yang menemukan bisa chat panitian rekruitmen RBB BUMN 2023 melalui telegram. Postingan ini akan aku post setelah tanggal 20 Juni wkwk meskipun cuma 3 soal aslinya yang samar-samar aku ingat (inget yah aku ga ada SS soalnya yah karena taat peraturan ajasih keburu mumet pula soalnya pas lagi mumet emang) tapi yah biar adil ajalah yah. Kan kasihan buat temen-temen yang berjuang sama-sama. Akhir kata lagi, tetaplah jujur mengerjakan, ingat quotes:


Jadi, kalo kamu sudah berusaha tapi belum berhasil yah gapapa coba lagi aja!! Yang penting kamu membuktikan dirimu berintegritas, rejeki itu ga tertukar karena takdir sudah digariskan💪💪💪💪❤.

Oiya ini based on yang aku cari dan alami sendiri. Kenapa aku share yah aku mau berbagi sedikit supaya kalian bisa lancar pas ngerjainnya adapun kekurangan atau misinformasi dari yang aku sampaikan mohon maaf dan bisa koreksi di kolom komentar. Aku catut beberapa akun adalah murni sharing informasi. Jika ada yang mau nambahin dan sharing bisa banget untuk komen. 
Hai guys, sudah tanggal 3 Juli 2023 nih. Nah, waktunya Pengumuman Hasil Tes Tahap 1: RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 dan jeng jeng diumumin dong di jam 11.00 WIB. Dag dig dug kembang kuncup, dan alhamdulillah aku lolos guys meskipun di peringkat terakhir-terakhir. Aku dapat peringkat 5.619 dari 6.132 kuota peserta yang lolos RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023 yang artinya adalah yang diambil ternyata 30,66% dari kuota pelamar di seleksi administrasi yang berjumlah 20.000 pelamar, tapi persentase ini ga valid yah soalnya beberapa posisi di perusahaan yang sama atau berbeda punya persentase yang berbeda-beda dalam meloloskan peserta tes tahap 1: RBB TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023. Kenapa perasaanku campur aduk, karena yah diposisi peringkat yang demikian pasti gak aman banget untuk lanjut ke tes-tes selanjutnya:
Jadwal RBB BUMN 2023

dan persentase nilai tes tahap 1 digunakan paling banyak untuk lolos tahap 2: RBB Tes Bahasa Inggris BUMN 2023, yaitu bobot TKD dan Core Values AKHLAK sebesar 60% dan Tes Bahasa Inggris sebesar 40%.

Tahap 2: RBB Tes Bahasa Inggris BUMN 2023, yaitu bobot TKD dan Core Values AKHLAK sebesar 60% dan Tes Bahasa Inggris sebesar 40%.

Tapi tetaplah optimis lah yah wkwkwk. Yuk ah belajar buat TBI-nya. Oiya kalian bisa lihat di bagian "Lamaran Saya".

Pengumuman Hasil TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023

Klik "Hasil Tahap 1".

Pengumuman Hasil TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023

Klik "Lihat Hasil Nilai Akhir".

Pengumuman Hasil TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023

Oiya, setelah aku berselancar lagi di twitter dan ternyata tranding nih keyword "BUMN". Aku menemukan bahwa beberapa yang tidak lolos bukanlah yang nilainya dibawah passing grade. Tapi malah karena "alasan teknis yang tidak sesuai dengan ketentuan program RBB BUMN 2023". 

Pengumuman Hasil TKD dan Core Values AKHLAK BUMN 2023: Tidak lolos

Nih cuitan mereka di twitter:

Okedeh gitu aja yah guys, buat kalian yang lolos selamat yah ke tahap selanjutnya hehe😁😁 dan bagi yang belum semangat yah masih ada CPNS kok. 

0 Komentar